Senin, 01 Januari 2018

Perlombaan Pabrik Tas Pelatihan di Era Digital di Indonesia


SERING menemui tas bermerek lembaga Sekolah atau swasta? Atau mendapat hadiah goody bag dari Kegiatan diklat atau peluncuran produk? wao ternyata ada banyak pelaku pembuat tas-tas seperti itu di Malang. Diantaranya adalah Pahrur Rozi Nasution, S. Kom dengan nama usaha Shoba Industri.

sedari dini kuliah sudah ada beberapa bisnis yang di dikerjakannya. Fachri, panggilan akrab dari Pahrur Rozi Nasution, S. Kom tamatan dari PTN Malang ini sudah biasa berjualan guna menambah ketebalan rekeningnya. Bisnisnya pun terus berkembang dan berlanjut hingga wisudah kuliah dari jurusan Teknik Informatikan UIN Malang. Jiwa wiraswasta yang tertanam sejak muda pun membuatnya dapat mencium banyak peluang.

Setelah selesai kuliah, Fachri memberanikan diri membuat usaha baru dengan nama TokoAndalan dan juga home industry. Sejak berdirinya pabrik dengan nama Shoba Industri itu yakni dari tahun Dua ribu lima belas, Sudah selalu ada pemesan yang dilayani dalam pembuatan berbagai macam tas kegiatan baik itu tas selempang seminar, tas kecil dan berbagai jenis tas model lainnya.

Dapat di pastikan bahwa tidak sedikit asam garam yang telah dilalui Fachri dimulai awal kali membuka Toko Tas Workshop ini. Suka dan duka yang dilewatinya dianggap sebagai tangga kenaikan ilmu dalam pengusaha.

pengrajin tas workshop laptop
pengrajin tas workshop laptop

Sebenarnya hingga saat ini hampir dipastikan selalu ada prombem yang menghampiri. Mulai dari prombem karyawan yang memang gampang-gampang susah dicari untuk diajak partner kerja dalam Toko Tas Seminar Kit. Instuisi yang di alami, Pengrajin Tas Workshop Laptop sering tak tepat waktu dalam produksi orderan tas pembeli. Alasan pengrajin sehingga molor dalam pengerjaan tas ada berbagai macam. Diantaranyayakni; bakal pengerjaan tas yang sudah dipesan terlambat pengiriman dari pusat, Pengrajin sakit, hingga Pengrajinnya yang mendahulukan garapan yang lebih banyak. Untuk kasus problem terakhir biasanya Fachri melakukan tindakan dengan cara membuat MoU kerjasama, yang mana salah satu poin yang dimasukkan adalah, seandainya terjadi tidak selesai penjitan, akan di diberikan denda.

Sebagai pengusaha, Fachri tak boleh berhenti berpikir. Inovasinya harus lanjut meluas untuk kemajuan usahanya. Mulai pembuatan tas berbagai kegiatan itu, Fachri tertarik untuk mendaftarkan brand tas milik sendiri. “Keinginan aku sangat banyak, ingin punya Brand dengan desain sendiri serta punya Produsen setiap daerah di bumi nusantara” jelas dia. Bukan tanpa alasan. Hal tersebut jadi cita-citanya karena berharap Nusantara berdaulat dalam bidang ekonomi. Untuk merealisasikan keinginannya itu, dia menyadari butuh perjuangan keras. Tapi dengan semangat kerja keras dari diri sendiri dan ditularkan ke tiem Shoba Collection serta selalu menjaga mutu, baik dari segi bahan maupun cara produksi dan serta mengasih pelayanan yang terbaik terhadap pembeli Shoba Industri diharapkan yang diharapkan bisa terealisasi. Lebih lanjut Fachri menjelaskan Kerja keras yang laksanakan terhadap Shoba Industri bisa selalu dibarengi dengan munajat kepada Sang Khalik dan tentunya berbagi bagi masyarakat yang anak yatim.

Shoba Collection,
Shoba Collection,

Hingga saat ini, Fachri akan terus masarkan produk tas ke Instansi-instansi. Namun usaha menawarkan diri ke travel-travel terkait tidak selalu berjalan mulus. Alasannya, instansi terkait tidak mau dipersalahkan membeli tas berlogo jika bukan petunjuk dari pemerintah pusat. "Namun berkat Kerja keras setelahnya LSM-LSM mau mengorder juga. Pesanan pun mengalir," ucap dia.

SHoba Industri,
SHoba Industri,

Kini binis Fachri yang masih termasuk muda itu telah memiliki pemesan dari swasta dan sejumlah MUMD pemerintah pusat. Bahkan produknya itu melanglangbuana hingga ke Malaysia dan Negara-negara lainnya berkat ada kegiatan seperti pelatihan antar organisasi di NKRI dengan Indonesia Negara lain. Tas buatan Fachri juga banyak diminati organisasi dan BUMN pemerintah di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tas yang dibuat Fachri sangat beragam. Ada tas ranse, Tas pelatihan, Tas laptop, tas pesta, tas ransel, tas haji umroh, tas koper haji umroh dan tas kuliah. Bahkan Tas kulit juga akan diterima pengorderannya dengan alasan tas perempuan lebih mengutamakan fashion dan pembuatan pun harus hati-hati, sehingga ada semacam tantangan tersendiri dalam penjahitannya.

Toko Andalan,
Toko Andalan,

Bandrol yang dijual bermacam-macam, mulai dari Rp 30.000 sampai ratusan ribu per buah. Namun karena tas dijual dalam jumlah partai, pembelian minimal 75 tas. Pemesanan bisa dilakukan dengan cara berkunjung ke ruko atau mengorder melalui TokoAndalan yang sudah dimasukkan contact person yang boleh dihubungi sewaktu-waktu jika diperlukan. Bahkan tiem juga bisa mengunjungi pembeliyang akan mengorder tas namun tidak bisa datang ke konveksian. Hal ini dilaksanakan Supaya dapat memberikan service terbaik kepada calon pengorder supaya dapat terjalin hubungan baik yang menjadikan client ini jadi repeat order.

Toko tas seminar kit,
Toko tas seminar kit,

Nah, bagi Anda yang belum tau apa itu TokoAndalan? Berikut ini Reporter Ulas juga:
TokoAndalan adalah salah satu bisnis di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menjual macam-macam Tas, Dompet, Sandal Kulit, Jaket Kulit, dan berbagai macam Sepatu. Kebaikan yang di punyai oleh bisnis pemula satu tersebut adalah berbagai barang yang diperkenalkan banyak dari hasil-hasil UKM berbasis usaha rumahan. Sejauh kehadirannya sudah cukup banyak industry rumahan yang berada di area jawa timur yang mengajak kemitraan dengan ecommerce TokoAndalan untuk memasarkan barang-barang UKM secara online. Memang sejauh eksisnya TokoAndalan masih tidak bisa mengkonfirmasi keinginan para industry rumahan tersebut. Biarpun seperti itu, sudah banyak home industry yang termudahkan karena keberadaan TokoAndalan. Organisasi yang pernah di service TokoAndalan dalam pengorderan tas diantaranya adalah TNI Malang, UB, perusahaan kosmetik Lillu, Lamour, bidang travel umroh seperti Zain travel dan lain seterusnya.

Toko Tas workshop,
Toko Tas workshop,

Awal hadirnya TokoAndalan tersebut adalah pada tahun Dua ribu limas belas dulu dengan mengusung ideology untuk mengenalkan home indusri yang kurang terkenal di NKRI dan tentunya menjual barang-barang dari Shoba Industri. Sekarang ini TokoAndalan yang di komandoi oleh Pahrur Rozi Nasution, S.Kom masih di handle 4 Anak dengan posisi 1 sebagai pemasaran, dua teknisi yang dibantu dari teman-teman Behato, 1 tukang photo hasil-hasil kawan-kawan yang telah mengajak kerjasama TokoAndalan untuk membranding barang kawan-kawan. Diluar dari ke 4 anggota diatas, ada juga karyawan freelance yang menolong TokoAndalan di bidang Marketing dan SEO.

Keinginan yang dipasang TokoAndalan yang bermukim semi di Jalan. Mertojoyo Blok K No.12, Merjosari, Lowokwaru Kota Malang pada periode 2018 yakni Mencari bangunan new yang bisa sebagai ruko untuk menampung stock lebih besar Tas-tas UKM. Lokasi untuk pembangunan gedung baru itu harus benar-benar tempat yang bagus yang lahannya berkisar tigas sampai lima hektar. Arsitektur ruko yang di buat adalah memiliki gudang yang lebar dan lahan parker yang lebar sehingga dapat diinputkan sebagai wilayah destinasi wisata belanja di daerah Malang.


Bila gudang barunya sudah selesai, diharuskan dapat mempunyai anggota karyawan sebanyak lima puluh tiem. Dan kedepannya bagian pemasaran akan bisa MoU kepada tour guide wisata seluruh Nusantara tujuan Malang raya untuk menjadikan tiem wisata mereka mampir di bangunan TokoAndalan buat membeli barang-barang industry rumahan UKM yang telah dimunculkan di tempat TokoAndalan. Impian dengan adanya TokoAndalan bisa menjadi penghambat produk-produk seperti yang tersedia yang membanjiri Republik Indonesia dari produk-produk sejenis luar negeri, sehingga pelaku rumah industry tetap berjaya di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui Malang raya yang terdiri dari Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang adalah wilayah wisata yang ramai diperbincangkan orang. Selain ramai dibicarakan, tidak sedikit juga orang yang berwisata ke sana. Tidaklah hal yang waow jika warga termasuk orang yang akan mengunjunginya. Diantara tempat wisata yang biasa dikunjungi di Malang adalah Wendit Waterpark Beralamat di Jl. Raya Wendit Tim, Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur. Wisata Wendit Waterpark itu adalah salah satu objek wisata air yang berada di Malang. Jika Kalian berada di pusat kota Malang, maka jarak menuju Wisata Wendit Waterpark ini sekitar kurang lebih ialah 8 km. Wisata Wendit Waterpark tersebuti juga menawarkan keunggulan berenang di kolam buatan atau kolam alami dan juga kamu bisa melihat bagusnya panorama keindahan lokasi kawasan wisata Wendit Waterpark itu. Selain di dalam objek wisata Wendit Waterpark tersebut juga terdapat dua jenis kolam berenang yang pertama adalah kolam dengan kedalaman sekitar 2 meter dengan suhu air yang berkisar 18 sampai 25 derajat celcius.

Informasi tentang biaya tiket masuk Wendit Waterpark tersebut juga sangat terjangkau sekali. Ternyata kalian hanya cukup menyediakan biaya limas belas ribu rupiah setiap anggota maka kamu bisa memasuki wisata air ini. Datang ke area wisata Wendit Waterpark, nantinya kalian akan di sambut dengan banyaknya Primata yang bergelantungan dan juga berlarian di wilayah tersebut. Dari adanya kerak itu maka telah memberi suasana yang mengasyikkan terebih saat primate meminta jajanan bagi para pengunjung yang tidak langsung menyamun, akan tetapi kerak ini akan meminta jajanan dengan mengulurkan kedua tanganya.

Sedikit trik liburan ke Wendit Waterpark ialah kamu harus menyediakan biaya tambahan jika ingin merasakan beberapa wahana yang disediakan oleh wisata Wendit Waterpark ini. Karena disana selain menyediakan kolam berenang juga tersedia semacam danau bikinan sendiri yang di jadikan sebagai tempat buat berkeliling menggunakan perahu atau speed booth sepeda air. Bahkan selain itu, terdapat juga tempat perahu dayung, air buatan yang terdiri kolam gelombang dan juga danau arus serta beberapa wahana bersenang-senang yang mengasyikkan lainnya.

Selain Wendit Waterpark, terdapat juga wisata lokasi lainnya yang sering digunakan referensi sebagai tempat wisata, yakni Pantai 3 warna. Salah satu dari sekian banyaknya pantai di Malang yang bagus adalah pantai tiga warna. Pantai 3 warna Malang ini juga bagaikan sebuah pantai yang telah terkenal di kalangan pelancong, baik pelancong dari kota atau bahkan wisatawan yang berkunjung dari luar kota. Pantai 3 Warna Malang tersebut beralamat di Desa Tambak Rejo, Sendang Biru Kabupaten Malang, Jawa Timur. Meskipun sudah popular karena keindahan yang ditawarkannya, namun tempat dan rute ke pantai 3 Warna Malang tersebut juga tidak banyak yang mengerti. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan jasa tour untuk memuluskan anda semua pergi kesana.

Laut tiga warna itu memang sudah di urus oleh sebuah LSM, yang pastinya telah mempunyai harga tiket masuk. Namun kamu tidak usah curiga, karena biaya tiket lewatnya tersebut sangat terjangkau yakni hanya dengan membayar lima ribu rupiah untuk setiap orangnya. Di laut 3 warna ini anda juga bukan hanya semacam berjemur atau nongkrong di bibir pantai saja. Alasannya disitu kalian bisa menyediakan kegiatan snorkeling. Terumbu karang di pantai 3 warna itu juga sangat indah dan tak harus pergi jauh di tengah laut. Selain itu, jenis laut pantai tiga warna ini juga sangat memukau dan masih alami. Nah, Bagi kalian yang ingin berwisata ke pantai 3 warna berikut tril yang perlu anda pahami.

sebagian trik liburan ke laut tiga warna itu adalah kalian di haruskan terlebih dahulu untuk melakukan pemesanan atau booking. Karena kuota perekreasi perhari di Pantai tiga Warna tersebut juga di batasi sekitar jumlah sekitar seratus pengunjung saja, maka dari itu keluarga kalian juga sebaiknya memesan wilayah minimal 2 minggu sebelumnya. Trik ini di laksanakan tegas oleh pengelola sebab Pantai 3 Warna itu adalah sebuah tempat lindung yang benar-benar sangat di jaga kesejukannya, terlebih lagi masalah kebersihan.

Paforit laut Lainnya yang sudah berada si daerah Malang raya adalah Pantai Kondang Merak yang terletak di Kecamatan Donomulyo, Malang Selatan yang berlokasi sekitar enam puuh delapan kilometer dari kota Malang. Untuk menuju ke lokasi itu terasa mudah dan kalian dapat menyewa jasa Tour Guide. Dari kota Malang melewati jalan arah Kepanjen lalu ikuti arah menuju ke Pantai Balekambang. Tidak perlu gelisah untuk hilang arah asalannya akan ada banyak sekali papan informasi yang menunjukkan jalan manakah yang harus kamu lewati agar sampai ke Pantai Kondang Merak.

Persediaan yang dibutuhkan guna menuju ke pantai kondang merak mulai kota malang kurang-lebih tiga. Tapi bisa diketahui untuk kamu yang menggunakan roda dua harap berhati-hati alasannya medan jalanya kurang terlalu ini adalah bagian laut yang ada di pesisir selatan Malang Kabupaten selain Pantai Balekambang. Laut Kondang Merak lebih nampak alami dan tak terlalu ramai. Laut Tersebut
ini juga menjadi salah satu peternak ikan hias. Untuk biaya tiket menuju laut ini adalah sepuluh ribu rupiah sedangkan Parkir lima ribu rupiah

Dahulu warga setempat seringkali melihat unggas merak yang istirahat ke laut ini sekedar minum didanau yang ada di sekitar laut. Sebab burung merak selalu mampir ke wilayah ini maka pantai ini menjadi terkenal dan menjadikan pantai tersebut dikenal dengan panggilan Pantai Kondang Merak. Keasrian di sekitar kawasan pantai sangat indah dibarengi tiupan anginnya yang sejuk, plus dengan pemandangan pasir putih yang lembut di diinjak. Karang-karang yang gede juga terdapat di pantai itu. Bebatuan karang besar akan semakin mempesona guna dipandang saat air pantainya surut. Hal itukarena karang yang awalnya tidak terlihat karena air laut akan terlihat ke permukaan. Wahana Di pantai tersebut telah memadai seperti Rumah Makan, tempat Parkir, tempat tidur dan Mushola. Jika kita yang berniat untuk berkunjung ke Pantai Kondang Merak itulah sekilas bahan yang sudah dihimpun crew TokoAndalan.

Nah, Buat kamu yang hobby berpetualang di dunia liar namun mengasyikkan, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan lokasi Bromo. Wilayah Gunung Bromo tersebut ada di salah satu propinsi di Jawa. Dan di sekitar empat Kabupaten yaitu Kabupaten Pasuruan, Kapupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang dan daerah Malang. Wilayah berselancar itu bisa kamu masuki secara aman dan nyaman menggunakan Tour Guide. Mahar karcis wilayah Bromo untuk wisatawan local yang sebelumnya berkisar Rp10.000 sekarang berubah menjadi Rp27.500. Anggarannya ialah Rp2.500 guna asuransi dan dua puluh lima ribu rupiah untuk tiket. Adapun untuk pengunjung mancanegara yang awalnya Rp57.000 menjadi Rp217.000.

Bagi kalian yang suka bertualang, inilah trik bertualang yang bisa untuk laksanakan. Ada macam-macam kegiatan yang dilakukan saat berwisata ke Bromo. Sekumpulan kegiatan tersebut dapat kalian pilih saat berada di Bromo. Opsi lain naik kuda di dalam hamparan pasir yang membentang luas. Saat kita tidak suka menaiki kuda, kamu bisa memilih sewa jeep untuk mengunjungi beberapa lokasi berpetualang di Gunung Bromo.

Bagi yang mendekati Gunung Bromo maka kalian akan disuguhi dengan tantangan yang sama yakni harus menyeberang hantaran pasir yang begitu luas. Di tengah-tengah lautan pasir ini ada tempat ibadah bernama Pura Luhur Poten dan kediaman dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Kamu dapat berkunjung ke Puncak B29 yaitu lokasi yang paling srategis guna mengabadikan keindahan landscape bumi Taman nasional Bromo Tengger Semeru. Wilayah tersebut berada di ketinggian dua ribu Sembilan ratus meter di atas permukaan air laut. Puncak B29 tersebut lebih dikenal Negeri di Atas Awan karena saat pagi daerah lembah B29 akan ditutup awan tebal sehingga semacam ada di atas awan saja.

Acara yang wajib dikerjakan saat touring di Bromo yaitu mengejar Sunrise di ketinggian pendakian Gunung Bromo yang puncaknya berlokasi di sisi barat Gunung Bromo dengan ketinggian melebihi dua ribu. Ketinggian pendakian ada dua titik yakni Ketinggian pendakian 1 dan dua.

Bagi kalian penikmat kuliner, di daerah Malang juga sangat banyak tempat wisata kuliner. Antara lain yaitu Mie Setan yang berada di Kota Malang, Tape Ketan yang terdapat di Kota Batu, Bingso di bendungan Sutami, Coklat Classic di Kota Malang dan masih banyak lagi. Sedangkan tempat belanja di Malang ada Matos, MX Malang, MOG, BATOS, dan lain-lain.

Cita-citanya, setelah TokoAndalan tersedia gedung yang lebih luas, akan menjadi Favorit wisata belanja, wisata pembelajaran dan juga sebagai wisata kuliner terhadap masyarakat orang-orang yang berada berwisata di Malang Raya. Untuk bisa merealisasikan, tentunya TokoAndalan sudah harus mempunyai lahan paling tidak empat sampai lima hektar dilokasi mantap di Malang yang separuhnya dibuatkan sebagai banguan, separuh lahan lainnya dibangun sebagai konveksian tas yang bisa dibangun untuk wisata pendidikan. Bagi masyarakat yang ingin melihat tehnik pembuatan tas, dompet, jaket kulit, sandal kulit, sepatu kulit bisa memasuki pabrik Shoba Industri. Sedangkan lokasi sebagiannya juga dibangun sebagai tempat-tempat aneka macam makanan yang bisa memanjakan tenggorokan pendatang. Serta harapannya TokoAndalan akan memberikan parkiran yang luas guna menampung motor semua peserta yang datang ke Malang Raya.


Proyek pendirian belanja membeli punya TokoAndalantersebut impiannya telah bisa dikerjakan pada tahun dua ribu delapan belas. Memang, kami telah menyadari bahwa harapan untuk memiliki tempat belanja di Malang milik dari Shoba Collection masih dalam impian dan tiem terus dituntut guna lebih keras dalam merealisasikan. Namun, yang bisa juga di perhatikan bahwa 2 tahun bukanlah tahun yang pendek untuk bertahan dalam berwirausaha. Konveksian Shoba Collection telah membuktikan kredibilitasnya untuk selalu mengguritakan pabriknya. Artinya, perusahaan tersebut sudah betul-betul berpengalaman dan mengetahui semua masalah yang dihadapi start up serta telah dapat mengatasinya. Panjang waktu itu juga sudah dapat menjadi bukti bahwa perusahaan Shoba Industrisatu ini belum pernah berkonflik. Sejauh itu antara TokoAndalandan banyak pelanggan yang dilayani pada akhirnya bisa Saling menguntungkan antar belah pihak, baik dari sisi pengorder maupun TokoAndalan.

0 komentar:

Posting Komentar